Selasa, 06 Januari 2009

Tips sederhana merawat battery atau accu pada kendaraan

Battery atau accu bila tidak dirawat akan sangat menjengkelkan bila pada waktu kita ingin memanaskan mesin dipagi hari malah tidak dapat dipakai untuk menstarter.Nah ini mungkin jarang sekali diperhatikan si pemilik kendaraan.
Disini saya akan berikan tips sederhana merawat battery atau accu

Pertama
cek ketinggian air accu ini harus selalu berada di batas upper,jangan melebihi karena air akan keluar bila pengisian atau charge kuat.Air ini akan merusak body mobil anda.
Kedua
periksa kepala accu,jangan sampai kotor dan kendur,ini membuat pengisian tidak normal dan accu akan mudah tekor.
Ketiga
ganti air accu,disaat anda membersihkan setelah membuang airnya jangan di cuci dengan air panas karena air tersebut sudah terkontaminasi logam,bersihkan dengan air biasa dan tiriskan hingga kering.
Keempat
setelah kering isi air seperti pada tips pertama di atas jangan sampai melewati batas.
Kelima
pasang kembali battery perhatikan bautnya harus kencang agar pengisian optimal

Demikian tips sederhana merawat battery semoga bermanfaat buat anda bila ada yang kurang anda dapat bertanya dan bisa menambahkan bila ada yang kurang dengan tips ini.

4 komentar:

AlexaSetia mengatakan...

mas kao accu kering saya yang 12V drop ke 9V, jadinya starter otomatis, bel dan sebagainya jadi ga berfungsi. bisa di setrum lagi gak ya?
gmana caranya, mau nyetrum dari charger bikinan sendiri yang 24V, bisa gak...takut malah rusak
www.belajar-dengan.blogspot.com
salam kenal juga

persada mengatakan...

kalau battery/accu kering udah drop bisa di charge kembali asal,ga sampai habis.kalau accu untuk kendaraan kecil biasanya hanya 12v/..amp,jd masuk strum/alirannya pun harus 12v,nah apabila anda menggunakan alat charge 24v accu akan meledak..jadi harus merubah tahanannya..

71mm0 mengatakan...

Kalau dry accu gimana bro?hehehe

persada mengatakan...

untuk dry accu atau battery kering seperti di atas asalkan element masih baik masih bisa kadang-kadang battery kering umurnya lebih cepat dari pada accu/battery biasa mungkin begitu sapengetahuan saya