Senin, 22 Desember 2008

Tips Sederhana Perawatan Mesin Mobil Diesel

Di jaman sekarang kendaran atau mobil yang irit dan efisien,awet dan handal sangat dicari..mobil bermesin diesel terkenal dengan irit bbm..tapi apabila tidak dirawat dengan benar jauh lebih mahal dari perbaikan mobil bensin.Apa saja yang perlu di perhatikan dalam merawat mobil berbahan bakar solar..
Disini akan saya berikan tips sederhana merawat mobil bermesin dieselagar tidak membuat anda merogoh kantong untuk perbaikan.
Ada beberapa tips dalam merawatnya:

-Cek olie mesin dan perhatikan kekentalannya.
Karena kerja mesin diesel lebih berat dari mesin bensin ini membuat olie mesin lebih ekstra dalam melumasi bagian-bagian yang bergesekan..

-Gantilah olie mesin tepat waktu.
Khusus untuk kendaraan angkutan seperti truk barang dan sejenis yang nonstop bekerja perlu di ganti setiap 20 hari sekali atau tergantung kerja mobil tersebut.
Untuk kendaraan ringan ikuti standar pabrikan..

-Filter olie..
Setiap anda mengganti olie mesin sebaiknya anda mengganti juga filter olie karena..kalau tidak diganti ada kemungkinan kotoran olie yang tertinggal didalam filter tersebut..

-Filter minyak..
Di sini termasuk bagian yang vital juga untuk mesin diesel
karena tangki bahan bakar tidak 100% bersih jadi setiap 15 hari atau tergantung kondisi daerah anda jika daerah berdebu usahakan 1 minggu sekali anda tap minyak di filter tersebut..

-Filter udara..
Ini bagian yang paling penting dalam mesin diesel karena kerja mesin diesel memampatkan udara bersih untuk pembakaran.Bila ini kotor atau sudah padat putaran mesin akan berat,mobil akan terasa tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Jadi usahakan anda cek setiap 1 minggu sekali,gunakan compressor untuk menyemprotnya.Ganti bila terlihat sudah waktunya.

-Bahan bakar
Perlu anda tahu di dalam pompa injeksi (injection pump) tidak ada pelumasan.Hanya minyak saja yang lewat di sana,jadi bagian yang bergesekan rentan aus.Untuk menjaga agar tidak cepat aus setiap anda mengisi bahan bakar penuh TAMBAH KAN OLIE SAE 10 atau pelumas khusus yang sudah banyak di jual untuk campuran bahan bakar.Ini berfungsi merawat pompa injeksi.

Demikian tips sederhana dalam merawat mesin mobil diesel,bila masih ada yang kurang diposting ini buat ahli mesin atau mekanik dapat menambahkannya di komentar agar pembaca dapat mengerti dan memahami dalam perawatan mesin diesel.
Semoga dapat bermanfaat dan membuka wawasan kita dalam perawatan mobil diesel.

3 komentar:

tiyo avianto mengatakan...

tips qm bagus2 cm...pngunjung blog ini masih sepi...sayang kalau artikel ini gak bisa di nikmati banyak orang

Anonim mengatakan...

Iya nih mas gimana yah..:D ga ngerti juga mungkin belum ada yg mengenal sama..blog aku..key terimakasih nih komentnya..

maswa mengatakan...

Lanjutkan berbagi tips ya mas, supaya ilmunya makin nambah